Sholawat Ahlul Mahabbah (Para Pecinta), Syaikh Ahmad Bin Muhammad At Tijaniy

Sholawat ini disebut oleh sebagian ulama dengan nama Sholawat Ahlul Mahabbah. Sholawat ini salah satu sholawat yang ditalqinkan oleh Rasulullah shallahu alaihi Wa sallam dalam pertemuan Ruhani Yaqzhatan (sadar) kepada seorang wali besar al-Imam Sayyidi Syaikh Ahmad Bin Muhammad Attijaniy (1150-1230 H).

***

 

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

صَلاَةً تَعْدِلُ جَمِيْعَ صَلَوَاتِ أَهْلِ مَحَبَّتِكَ .

وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

سَلاَمًا يَعْدِلُ سَلاَمَهُمْ .

Allahumma sholly ‘alaa sayyidina Muhammad, wa ‘alaa aali sayyidina Muhammad, Sholaatan ta’dilu jamii’a sholaawati ahli mahabbatik, Wa sallim ‘alaa sayyidina Muhammad, wa ‘alaa aali sayyidina Muhammad, Salaaman ya’dilu salaama hum…

”Ya Allah berikanlah sholawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya sebenar-benar Sholawat yang menyamai seluruh Sholawat ahli mahabbah kepada-Mu. Dan berikanlah salam kepada Nabi Muhammad serta keluarganya sebenar-benar salam yang menyamai seluruh salam ahli mahabbah kepada-Mu.”

Penjelasan:

Sayyidi Syaikh Ahmad Tijaniy berkata: “Ketika aku pergi dari kota Tilimsan ke kota Abi Samaghun, aku diberikan oleh Rasulullah redaksi sholawat, bila membacanya satu kali sama dengan membaca kitab Dalail al-Khairat 1000 kali. Dalam riwayat lain, Qadhi al-Imam Ahmad al-Sukairij mengatakan: Siapa yang membacanya membandingi pahala mengkhatamkan 70.000 kali Dalailul khairat.

Sholawat Ahlul mahabbah ini memiliki keutamaan yang sangat besar lantaran di dalamnya terdapat rahasia-rahasia yang tersimpan yang tidak dapat diketahui kecuali oleh orang-orang yang telah mendapat khushusiyat dari Allah Ta’ala untuk mengetahuinya.

Hendaknya seseorang mengamalkan shalat ini dengan niat yang baik dan benar tanpa disertai keraguan dan buruk sangka. Karena siapa saja yang memiliki niat dan persangka yang baik, maka ia akan mendapatkan keistimewaan tersebut. (lihat kitab: كشف الحجاب عمن تلاقى مع الشيخ التجاني من الأصحاب halaman 440)

Wallahu a’laam bisshowab

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *