5 ebook Seputar Warisan

Segala puji bagi Allah subhaanahu wa ta’aala Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, beserta keluarga, para shahabat yang mulia serta para pengikut beliau yang setia.

Ilmu waris adalah salah satu bab penting yang kita pelajari dalam ilmu fiqih. Kebanyakan diantara kita ini jika belajar ilmu fiqih itu ternyata tidak tuntas sampai khatam. Sebab kita hanya berkutat pada bab awal-awal saja seperti bab thaharah, shalat, puasa, zakat dan lain lain.

Sementara bab waris ini terkadang terlewatkan untuk dipelajari. Hal ini dikarenakan bab waris ini letaknya paling ujung atau paling akhir dalam kitab-kitab fiqih. Padahal ilmu waris ini sangat penting sekali untuk dipelajari. Ya minimal dipelajari oleh keluarga kita masing-masing. Jangan sampai ketika ada salah satu anggota keluarga kita yang meninggal dunia namun tidak ada yang tahu urusan pembagian harta warisan sesuai agama islam.

Oleh sebab itu buku ini hadir setidaknya membantu kita semua untuk sedikit mengenal ilmu waris yang sudah sangat jarang sekali diajarkan atau dipelajari oleh kaum muslimin di akhir zaman ini. Kita semua tahu bahwasanya hukum menerapkan atau mengamalkan ilmu waris ini adalah wajib. Oleh sebab itu mempelajari ilmu waris ini pun juga wajib hukumnya. Setidaknya dengan belajar ilmu waris kita sudah berusaha menjaga keluarga kita masing-masing dari jurang kemaksiatan.

Peraturan hukum waris adalah peraturan yang ditetapkan oleh al-Quran, Hadits dan ijma’ kaum muslimin. Kedudukan ilmu waris ini sama seperti masalah shalat, zakat, muamalah serta hudud yang mana semuanya wajib diterapkan. Dan wajib pula untuk diamalkan. Tidak boleh menggantinya atau keluar dari hukum waris islam. (al-Fiqhu al-Manhaji ‘Alaa Madzhabil Imam asy-Syafi’iy)

Rasulullullah shallallahu alaihi wasallam sendiri telah memerintahkan kepada kita semua untuk mempelajari ilmu waris yang sangat langka ini. Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu anhu berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam telah bersabda:

“Pelajarilah Al-Quran dan ajarkanlah kepada orang-orang. Dan pelajarilah ilmu Faraidh (ilmu waris) dan ajarkan kepada orang-orang. Karena Aku hanya manusia yang akan meninggal. Dan ilmu waris akan dicabut lalu fitnah menyebar, sampai-sampai ada dua orang yang berseteru dalam masalah warisan namun tidak menemukan orang yang bisa menjawabnya” (HR. al-Hakim)

Semoga kita semua diberikan kemudahan dan pemahaman dalam mempelajari ilmu waris ini. Dan semoga kita semua bisa mengamalkannya dalam kehidupan keluarga kita masing-masing. Aamiin.

Buku ini kami khususkan pembahasannya terkait kenapa kita harus belajar ilmu waris. Nah, Atas dasar beberapa alasan di atas itulah kami sebagai Penulis menyusun sebuah buku sederhana dan singkat ini dengan tujuan untuk membantu kaum muslimin dalam memahami ilmu waris ini.

Sekali lagi Penulis ingatkan bahwa buku sederhana ini kami khususkan hanya untuk pemula yang ingin memahami fiqih dasar waris. Bab dasar yang mesti dikuasai oleh pemula setidaknya ada 5 hal:

  1. Mengenal Ahli Waris
  2. Mengetahui Bagian Pasti Ahli Waris
  3. Mengetahui Syarat Bagian Pasti Ahli Waris
  4. Mengetahui Konsep Hijab Ahli Waris
  5. Praktek Cara Menghitung Warisan

Semoga buku-buku ini bisa dipahami dan bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Muhammad Ajib, Lc. MA.

Baca selengkapnya, download klik di sini.

Penulis: Muhammad Ajib, Lc. MA.
Terbit: Oktober – November 2020
Penerbit: Rumah Fiqih Publishing
Legalitas: Waqaf/Gratis

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *